twitter


Pada awalnya handphone dikenal sebagai gunanya unutk melaukan komunikasi telepon dan sms, sekarang handphone suah memiliki berbagai macam fitur dari kamera, MMS, music player, GPS, radio, remote control, hingga internet. Hingga fitur 4G. 4G merupakan penemuan baru yang dikembangkan dari sistem 3,5 G lantas apa itu 4G dan apa yang membedakannya dengan 3,5?

3G digunakan dalam peningkatan kecepatan transfer data yang lebih dari teknologi 3G (>2Mbps) sehingga dapat melayani komunikasi multimedia seperti akses internet dan bertukar data video (video sharing).Teknologi 3G terbagi menjadi GSM dan CDMA. Teknologi 3G sering disebut dengan [Mobile broadband] karena keunggulannya sebagai modem untuk internet yang dapat dibawa ke mana saja. Teknologi 3,5G ini merupakan teknologi transmisi data pita lebar yang dapat digunakan secara berpindah-pindah (mobile broadband) yang berbasis HSDPA (High-Speed Downlink Packet Access)..
Teknologi 3,5G berbasis HSDPA dikembangkan dari W-CDMA (Wideband CDMA) dan memberikan jalur
evolusi untuk jaringan Universal Mobile Telecommunications System (UMTS). Dikatakan demikian, karena melalui HSDPA terbentuklah saluran W-CDMA yang baru, yaitu high-speed downlink shared channel (HS-DSCH) yang hanya digunakan untuk transmisi beragam informasi arah bawah menuju ponsel. Dengan teknologi ini, kita dapat mengakses data/internet dengan lebih cepat.

4G adalah singkatan dari istilah dalam bahasa Inggris: fourth-generation technology. Istilah ini umumnya digunakan mengacu kepada pengembangan teknologi telepon seluler. 4G merupakan pengembangan dari teknologi 3G. Nama resmi dari teknologi 4G ini menurut IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) adalah "3G and beyond". Teknologi 4G adalah istilah serapan dari bahasa Inggris: fourth-generation technology. Istilah ini umumnya digunakan untuk menjelaskan pengembangan teknologi telepon seluler.

7 hal yang membedakannya dengan kapasitas 3G yaitu :

Video Call

Video Call mungkin juga bisa diakses melalui 3G. Jaringan Eropa dan AT&T sudah menawarkannya sebelumnya, namun hal tersebut tidak pernah berhasil, karena mahal dan jangkauannya tidak luas. 4G networks memungkinkan jaringan yang cepat dan konsisten untuk mensupport voice-over-IP pada Video Call dengan harga yang murah layaknya service Skype dengan video, sehingga video call semakin mudah.

YouTube HQ:

Video You tube akan terlihat lebih baik dengan 4G dibanding 3G. Pada handphone canggih umumnya, You tube selalu nampak terblok dan kabur. Jaringan 4G menyediakan kecepatan yang tinggi dan gambar yang jelas, untuk semua video yang ingin kita tontong.

Stream Hulu—to a TV!

The Evo 4G's 1-GHz processor bisa mengoperasikan Flash 10.1 dalam halaman WEB-nya; dikombinasikan dengan kecepatan 4G and HDMI, yang memungkinkan kita bisa men’load’ TV show dalam telepon seluler kita, dimanapun kita mau menontonnya. HDMI merupakan interface peralatan audio/video digital tanpa kompresi yang didukung oleh industri. HDMI seperti set-top box, pemutar DVD atau penerima AV serta audio digital dan/atau monitor video yang cocok, saperti televisi digital (DTV).

Wi-Fi hotspot dimanapun:

Evo 4G bekerja seperti wireless hotspot mensupport hingga 8 Wi-Fi device. Sehingga tidak perlu repot menggunakan kabel internet di rumah.

Multiplayer gaming:

3G networks buruk dalam permainan multiplayer, karena butuh banyak waktu unutk bit berpindah antar server. Bit merujuk pada sebuah digit dalam sistem angka biner (basis 2). Digit biner hampir selalu digunakan sebagai satuan terkecil dalam penyimpanan dan komunikasi informasi di dalam teori komputasi dan informasi digital. Keterlambatan adalah fatal. Hal ini tidak terjadi pada Evo 4G.

Upload huge photos and videos:

Dengan megapixel yang tinggi pada telepon genggamnya menmungkinkan hasil foto yang semaklin bagus, namun dalam proses upload kualitasnya berkurang dan seringkali memakan waktu yang tidak sebentar. Dengan jaringan 4G memungkinkan proses upload yang hanya beberapa detik, dengan kualitas foto yang itnggi hingga 8 mega pixel.

Dapat digunakan semaunya:

Jaringan 3G penuh sesak, dan terbatas pada kuota perbulan karena banyaknya konsumen atasnya, pada jaringan 4G hal itu dapat diatasi.


Analisis Handphone Berdasarkan 3 Era Perubahan Komunikasi yaitu Interactivity, Demassified, dan Asynchronous

Interactivity ialah perkembangan komunikasi memungkinkan suatu komponen mekanik berinteraksi dengan penggunanya yaitu dengan cara memberikan talk-back secara langsung. Dalam hal ini handphone dengan kapasitas 4G bisa memuat video call dengan streaming yang cepat, jangakauan luas dan murah, dengan kapasitas ini, akan semakin mendorong konsumen atau pengguna untuk berinteraksi seolah-olah penerima pesan/lawan bicaranya ada di hadapannya saat itu. Nilai Interactivity ini semakin berkembang, dimana pada awalnya perkembangan ini dimulai dengan telegraf yang mnyajikan suatu komunikasi yang satu arah, adapun talk back tentunya akan menakan waktu yang lama.


Demassified yaitu suatu teknologi digunakan secara massal, serta didukung dengan adanya perubahan kontrol dari produsen ke konsumen. Dulu, video call hanyalah digunakan oleh sebuah instansi pemerintahan saja, terutama unutk melakukan konfrensi jarak jauh, jika mengingat sejarah televisi yang bersifat audio visual yang pertama kali dipelopori oleh sidang PBB dimana saat itu banyak orang yang ingin mengikuti konferensi tapi kapasitas ruangan yng itdak memungkinkan, sehingga disediakanlah televisi pada ruang tunggu yang bertujuan untuk menampilkan keseluruhan sidang, sehingga dari luar peserta yang tidak mendapatkan kursi dalam ruang sidang dapat mengikuti jalannya sidang. Sekarang dengan fitur streaming televisi jaringan 4G setiap orang bisa mengakses jalannya sidang di pemerintahan dimanapun ia berada, tidak perlu jauh-jauh datang ke tempat jalannya sidang, selain itu konsumen dengan leluasa dapat mengakses informasi semaunya tanpa harus menggunakan perantara pihak ketiga, seperti pager. Pada pager kita harus terlebih dahulu menghubungi operator unutk mengirim pesan kita, contoh lain seperti chatting, dahulu dengan operator MIRC saat kita hendak menggunakan fasilitas chatting kita terlebih dahulu harus menentukan lokasi kita, dan harus menggunakan komputer, sekarang fasilitas chatting dapat digunakan tanpa batas, dimanapun kita berada, selama disupport dengan jaringan 4G ini, kita bisa langsung terhubung dengan lawan bicarakita.

Asynchronous adalh proses perkembangan komunikasi dimana keserempakan tidak lagi. Para pelaku komunikasi ini bersifat interaktif sehingga dapat melakukan kegiatannya secara individual. Contohnya penggunaan handphone unutk mengetahui perkembangan kurs pertukaran mata uang dollar US terhadap Indonesia, yang tiap saat berubah, seingga berita perubahan kurs ini senantiasa berubah dan diakses oleh masing-msaing orang dalam waktu yang berbeda-beda.

sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/3G

http://id.wikipedia.org/wiki/4G

http://www.pcmag.com/article2/0,2817,2361822,00.asp

http://catatan2008.multiply.com/journal/item/2




7 komentar:

  1. ada yang tau ga, cara membedakan ponsel2 4G yang berkualitas baik dgn yang ecek2? sekarang kan ponsel model seperti ini sedang bersaing d pasaran Indo.

  1. masih banyak penulisan yang masih salah.. Harap diperhatikan lagi tata bahasa dalam penulisannya.

    Dewasa ini, teknologi memang sangat berkembang pesat dan sangat memudahkan manusia dalam melakukan suatu aktivitasnya. Hal ini adalah segi positip dari kemajuan suatu teknologi. Tetapi pada kenyataanya, tidak semua masyarakat dapat menikmati kemudahan ini secara merata. Hal ini disebabkan oleh tidak meratanya tingkat kesejahteraan masyarakat.

    IPTEK boleh berkembang maju, tapi jangan sampai kemajuan IPTEK ini memanjakan kita, membuat kita semakin malas. Hal inilah yang harus dikritisi oleh kita sebagai mahasiswa.

  1. informasi yang diberikan dalam artikel di atas sangat membantu bagi pembaca dalam mengetahui apa itu "4G" yang memang belum terdengar di Indonesia. seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia adalah negara peniru, artinya Indonesia kebanyakan hanya mengadopsi technologi dari luar negeri, namun dengan adanya artikel pada blog ini saya menjadi mengerti bahwa sebenarnya informasi anak bangsa sangat up to date dan sangat membantu pencari informasi. masalah tersebut karena tidak semua orang Indonesia mengerti dalam mengakses internet.

    SEMANGAT ANAK-ANAK INDONESIA!!!

  1. @ kekuatan jurnalistik : hmm, mungkin bisa dimulai dari merek dan ke-original-an hpnyaa yaa .. dan fyi 4G ini baru dirintis sama HTC .. :) *ati-ati skarang lag menjamur " HP KW "

    thank masukkannya dan semangat terus anak INDONESIA !!
    :)

  1. di Indonesia udah ada belom ya..??..
    kalo ada, HP apa yang udah menerapkan 4G..??..

  1. Kalo di Indo belum nampaknyaa ..

    Soalnya teknologi ini kan musti didukung jaringan k0neksi internet yg kuat..

    M0del hp spt ini akan dibuat oleh HTC ..

  1. UPSSSS sekarang melejittt ke 7 G ..



    WELCOME TECHNOLOGI ..


    :D

Posting Komentar

Thank you for your comment, Friends :) !!