twitter


Camcorder atau yang biasa disebut kamera video pada dasarnya memiliki kegunaan untuk merekam gambar yang bergerak lalu menyimpannya dalam format analog seperti VHS, H8, dan format digital yang populer seperti mini DV atau mini DVD. Alat ini merupakan salah satu contoh teknologi komunikasi yang berfungsi sebagai media penyampaian pesan berupa gambar bergerak. Diluar fungsinya yang sudah banyak kita tahu sebelumnya alat ini tentunya mempunyai peran yang besar pada dunia broadcasting ( penyiaran) dan pertelevisian, karena memang karakteristik utama media televisi adalah metode penyampaian pesan melalui gambar bergerak, sehingga televisi tentu amat bergantung dengan alat ini. Lantas apakah selamanya kemampuan dasar alat ini hanya pada merekam dan menyimpan, lalu apakah dalam waktu 10 tahun lagi, alat ini mempunyai fungsi tambahan yaitu dapat mengirimkan gambar langsung ke satelit dengan sendirinya (stand alone) tanpa memerlukan alat-alat pendukung yang serba rumit?


Pada dasarnya kemampuan sebuah camcorder hanyalah untuk merekam dan menyimpan gambar yang bergerak. Lalu bisakah sebuah camcorder mempunyai fungsi tambahan, yaitu dapat mengirimkan gambar ke satelite secara langsung tanpa harus menggunakan computer, koneksi internet, dan SNG ( Satelite news Gathering)? Untuk itulah diciptakan Satelite Camcorder, yaitu Camera video yang terintegrasi penuh dengan satelite sebagai penerima siaran, sehingga video hasil rekaman dapat dikirim secara langsung ke satelite, tanpa harus menggunakan computer, menara pemancar dan mobil SNG. Jadi pada intinya dengan adanya camcorder seperti ini, kita seperti memiliki sebuah computer dan satelite geostasioner dalam sebuah camcorder. Lalu bagaimana cara kerjanya? Saya akan jelaskan. Jadi setelah camcorder selesai mengambil gambar, lalu hasil rekaman gambar tersebut akan disimpan kedalam media harddisk yang terdapat dalam kamera tersebut, selanjutnya gambar tersebut akan dikirimkan ke satelite, menggunakan pemancar berupa satelite geostasioner yang tentunya sudah ada dalam kamera tersebut. Bisa dikatakan alat ini seperti layaknya sebuah telepon satelit yang dapat berkomunikasi dan bertukar informasi dari dua arah, namun bedanya jika telepon satelit hanya dapat digunakan untuk menelpon, maka Satelite Camcorder dapat mengirimkan informasi berupa gambar bergerak atau video ke satelite.

Siaran Langsung Tanpa memerlukan SNG


SNG ( Satelite news gathering) adalah peralatan komunikasi bergerak yang digunakan untuk menyiarkan berita keseleruh dunia. Peralatan SNG bisanya berupa mobil van canggih yang dilengkapi pemancar dan penerima audio/video dari dua arah, dengan menggunakan antena yang berfungsi sebagai satelit geostasioner.

Pada umumnya stasiun televisi memerlukan alat SNG untuk melakukan siaran secara langsung ditempat kejadian. Namun dengan adanya Satelite Camcorder, siaran langsung dapat dilakukan tanpa harus menggunakan alat SNG yang rumit, atau bisa dikatakan semua keperluan untuk penyiaran dapat dilakukan hanya dari sebuah kamera. Hal itu dapat dilakukan karena di dalam sebuah Satelite Camcorder sudah terdapat sebuah satelite geostasioner seperti halnya peralatan SNG, sehingga memungkinkan kamera ini berintegrasi penuh dengan satelite sehingga tentunya kita dapat melakukan siaran langsung hanya dari sebuah kamera.

Tulisan diatas hanyalah sekedar hasil diskusi dan khayalan dari kami berdua..

Diposkan oleh Widiyanto Purnomo dan SOrta Lidia Caroline

7 komentar:

  1. wahh good idea juga tuhh ...
    kira-kira kpn y produk spti it bs dgunakan d indonesia?
    brti pympnan datany bs lbh efisien dn efektif y?
    bs mmprmudah bgi para jurnalis khususny bgi editor y?
    good ... good...

  1. wah nice info banget ni..

  1. teknologi ini berguna banget ni buat para jurnalis yg mau meng-update berita secara cepat...

  1. Keren .


    "Hal itu dapat dilakukan karena di dalam sebuah Satelite Camcorder sudah terdapat sebuah satelite geostasioner"

    Tuh berapa harga yaaaaa ntar ??
    Mahal nggak?? ckckck ..

    Kayanya Sri Mulyani aja yang mampu beli.

    :D

  1. nanti kan harga juga turun,, hehehe

  1. Ide penggunaan satelit ini untuk komunikasi memang sudah sejak lama, tapi saat ini, kita memang benar2 butuh update berita banget, baik memberi info, ataupun menerima. Camcorder memang media yang paling kena sih ya buat ini.. jadi bisa berkomunikasi kapanpun dimanapun deh..

  1. AMATIR
    Kenapa kita g buat satelite aja...?? Sebenarnya klu kta mau dan besar akan keinginan yg mau kta capai mgkin kta bsa.Dan menurut saya membuat satelite itu begini..
    1.peluncuran menggunakan roket
    2.batrai dgn pengisi tenaga matahari
    3.kat bsa manfaatkan koneksi 3G dgn kartu cdma berkoneksi tinggi.

Posting Komentar

Thank you for your comment, Friends :) !!