twitter



(Masih) Ada Yang Peduli

"Kompak padahal tanpa berpedoman partitur." Itulah label yang melekat pada Komunitas KUA ETNIKA. Komunitas yang merupakan kolaborasi antara pemusik, penyair dan pemain teater ini didirikan pada tahun 1995 oleh Djaduk Ferianto, Butet Kartaredjasa, dan Purwanto.


Komunitas ini yakin bahwa musik etnik memiliki kekuatan dan keagungannya sendiri, yang sekarang sudah mulai terpinggirkan. sehingga mereka berusaha menciptakan sebuah musik alternatif degan mengolah musik etnik dengan sentuhan atau nafas modern, tanpa harus kehilangan spirit dasarnya/spirit tradisi. Kuncinya hanya 1, "bermain dengan hati"






Kalau KUA ETNIKA memiliki caranya sendiri untuk mengembalikan kekuatan dan keagungan musik tradisi, Lingkung Seni dan Tradisional Universitas Parahyangan tak mau kalah. lewat acara bertajuk Wajah Nusantara yang digelar di GSG Unpar (18/4) berhasil membuat kurang lebih 150 pasang mata tak berkedip. Acara berdurasi 120 menit tersebut mengkolaborasikan Seni Teater dengan Seni Tradisi dalam perpaduan satu panggung sederhana.Acara ini diawali dengan tarian Bajidor Kahot yang juga dikenal dengan Jaipong Bali.

Tari Bajidor Kahot


Tanpa perlu merogoh kocek, untuk membayar tiket masuk, anda bisa melihat suguhan tarian dari berbagai daerah di Indonesia, yaitu Tor-Tor, Gong Giring-Giring, Taruna Jaya, dan Mambri. Acara ini ditutup dengan penampilan, Dream Team, yaitu sebuah group gamelan Sunda yang membawakan musiknya dengan sangat interaktif, yang tak kalah kreatifnya dengan band-band modern yang mulai berjamur di Indonesia.


Tari Saman (Aceh )






Tari Gong Giring-Giring (Kalimantan Tengah)






Tari Tor-Tor (Sumatra Utara)



Taruna Jaya (Bali)



Tari Mambri (Papua)




Personil Dream Team - Biyan




18 komentar:

  1. musik tradisional berkolaborasi dengan musik modern menghasilkan karya yang sangat indah sekali..
    Ayo kita lestarikan budaya Indonesia yang beraneka ragam etnis dan budaya..:)
    @ sorta : informasi yang bagus nih ta..hehe

  1. wah keren banget "Misi Gak Mungkin" yang diaransmen sama Djaduk Ferianto,,lucu, kreatif banget nih..
    Hidup Budaya Indonesia!!!

  1. Wah..jadi bangga ni sebagai anak Indonesi:)
    I LOVE INDONESIA^^

  1. @ bayu : yo'i bay .. giliran FIKOM UNPAD neeehh .. jangan kalah ama UnpaR .. :))

    @ angie dan Kresna : yaap .. kaloo bukan kitaaa,,, siapa lagiii yangg peduli... :)

  1. unik . di saat masyarakat indonesia lebih memperhatikan budaya budaya luar KUA dan Listra memberikan sesuatu yang berbeda. Sesuatu yang sangat Indonesia namun dibalut dengan zaman sekarang. Ngeliat ni makin ngerasa bangga jadi orang indonesia. vokalis good charlotte aja mau jadi WNI.

  1. Memang Indonesia harus mempertahankan seni yang ada di negara ini. Kita" sebagai generasi muda harus bangga dan tetap mewariskan dan melestarikan budaya negara kita.

  1. Sorta, komen yang ini aja yaa =)
    Yang 'rada ngerti' :))

    Menarik tulisannya. Setuju banget, musik etnik memang punya "roh" yang unik. Tapi sayangnya, kenyataaan membuktikan, jarang orang2 sekarang yang antusias dengan musik etnik yang bener2 etnik murni, khususnya anak muda.
    ~Entah karna apa. Mungkin karna perubahan jaman ama teknologi~mungkinnnnnn

    Makanya emang salah satu cara naekin lagi pamor musik etnik, ya dengan campur2 musik, etnik+modern. Kayak Kua Etnika ini. Bahkan lagunya pun, dibikin kreatif, dan bukan semata lagu2 daerah/etnik. Menarik, karna memperkenalkan musik etnik, bukan selalu harus dengan mainin lagu etnik, tapi bisa juga dengan mainin lagu "Misi Gak Mungkin" contohnya,*HAHAH*.
    Dengan begitu, pasti banyak juga yang antusias dengerin, dan bahkan mau terlibat.
    Contoh lain band serupa : Saratus Persen (Naah!!!).

    * Komen tambahan =D
    Alat musik pukul yang dipake Djaduk di video "Misi Gak Mungkin" itu rada2 mirip sepertinya dengan alat yang namanya WaveDrum (mungkin ada temen2 yang tau, ato pernah denger?). WaveDrum itu uda dilengkapi kira 250 sensor suara. Dulu sempat liat dan denger di salah satu klinik musik kemarin2. Menariknya, WaveDrum ini ternyata punya mode suara etnik kaya suara alat2 musik gamelan, padhal WaveDrum ini buatan luar.

    Artinya >> sebenernya teknologi saat ini uda makin mendukung buat para musisi Indonesia untuk lebih bisa ngenalin musik entik Indonesia ke semua orang, termasuk luar Indo. Dijamin, orang2 Unpar Unpad ato ITB (HEHE) punya orang2 yang BISA bikin musik kaya gitu.
    Jangan sampe ntar justru negara laen yang mampu ngehasilin produk2 musik bernilai tinggi, kayak Kua Etnika, SaratusPersen, ato Balawan.
    Bah!!!


    Smile~

  1. saat kecil saya anti dengan musik tradisional... menurut saya waktu itu, kok ini musik bunyinya aneh, gak jelas, bikin bosen.namun, makin gede, akhirnya saya bisa menikmatinya. karena ketika sy mendengarkannya saya merasakan kekayaan yang kreativitas luar biasa.

    sayangnya, tidak semua anak jaman sekarang bisa menyadari hal itu ketika dia beranjak dewasa. justru yang terjadi adalah generasi bangsa ini semakin mengikuti trend yang ada yang populer dan sedang booming di dunia. anak muda sekarang akan lebih mudah disuruh sebutin 10 judul lagu band2 yang tiap hari menghiasi layar kaca dari pada 1 jdul lagu daerah/tradisional (ekstrim bgt yah.. ^^)

    menurut pendapat salah seorang teman saya, ada beberapa hal mengapa musik etnik semakin "padam":
    1. pengaruh budaya barat ataupun budaya negara-negara yg menjadi trend setter
    2. musik etnik kurang bisa berubah sesuai jaman. dengan beragamnya aliran musik di dunia, mengapa musik etnik tidak diaransemen dengan nuansa yang lain seperti pada video di atas? dengan nuansa yang seperti itu, musiknya lebih mudah diterima sekaligus mengekspos keunikan musik etnik. musik etnik harus bisa berubah, jangan terbawa euforia terhadap kejayaan masa lampau. jangan lagu2 itu aja donk yang dimainkan.
    3. apersiasi terhadap musik etnik kurang. ada anggapan bahwa musik seperti itu hanya bisa dinikmati oleh kalangan tertentu saja. makanya musik etnik harus bisa sangat general.

    makanya, maju terus teman2 musisi yang sudah mengemas suatu sajian musik etnik + populer.. teruskan karyamu..

    --------------------------
    komentar tentang content ini,
    tulisan di atas menurut saya cocok untuk mengisi kolom2 singkat di koran2 karena penyajiannya yang singkat dan straight to the point.
    komentar tentang layout,
    penempatan content di sebelah kanantidaklah biasa, karena orang biasanya secara reflek akan melihat ke sebelah kiri terlebih dahulu. but, it's fine..

    thanks,.

  1. acara budaya memang selalu menarik. entah itu tarian daerah maupun tradisional musik

  1. Kita sebagai generasi muda, harus mulai mengapresiasi karya-karya tradisional bangsa. Agar karya tersebut tidak punah dan akan selalu ada. Cintailah karya negeri sendiri :)

  1. memang terkadang memahami karya seperti ini ngga segampang nyayiin lagu britney spears sih.. tapi kemaren2 gw juga sempet liat, dan makna pas ngedengerin tiap ketukan musiknya dan ngeliat tiap jengkal apresiasinya emang bikin jantung gw deg-degan stabil.. terkesima gw..

  1. Sepertinya amat sangat keren.
    Sayang kelewat.

  1. mau ngasih tambahan aja, komposer luar negeri juga banyak yang terinspirasi sama musik tradisional Indonesia. Hal ini bukan terjadi pada saat ini , tapi kira-kira mulai seratus tahun yang lalu. Nah kalau orang yang bukan orang Indonesia saja bisa mengapresiasi musik Indonesia, harusnya kita juga bisa lebih mengapresiasi :D

    anw, yang paragraf awal agak terlalu dempet spasinya :p

  1. sayang banget kemaren gg bisa liat, acara yang kaya begini yang perlu diperbanyak, biar kita makin kenal sama kebudayaan sendiri, jadi gg kcolongan kebudayaan lagi juga kitanya.

  1. @ V : wahh !! itu Wave drum ternyata ,, hmm* nyesel bangetlah pastinyaa kalo ampe PUNYA KITA diambil orang, tapi kalo diliat lagi, susahjuga kalo kita hanya jadi PENIKMAT .. selama yang SOrta Liat di LISTRAnya Unpar, yang nonton manggung sih banyak, tapi penarinyaaa bisa diitung jari ,, tapi TENTUNYA lebih banyak dari teater sihhh...

    yaahhh berharapp dari NONTON mreka BUKAN hanya jadi PENIKMAT,, tapi juga PENGEMBANG =D


    SMILE jugaaaaa !

  1. @ jeff koernia : makasihhh yaaaa ats masukan tulisannnya yang baguss =)

    Saya juga dulunyaaa benci banget tuhhh ama musik tradisii ..

    entah kenapa selalu lari kalo denger musik JAWA ,, padahal MAMA saya orang JAWA (kok jadi CURHAT ...)

    tapi entah kenapa, pas udh gede,, ngerasa MAKIN LAMA musik tradisi makin asikk, pas SMU inget banget pertama kalinya megang gamelan, dan seneng bangaet bisa mainin digabungin ama main keyboard ..


    gak kebayang kalo waktu itu gak ngambil mata pelajaran musik .. mungkin ampe sekarang masih BENCI setengah mati ama MUSIK etnik ..


    dan tambahan ,, dlu 'ngeuh'nya enak tuhh pas soundtracknya TOKYO DRIFT .. beuuhhh itu bkinnn sadar ajaaa ..


    KALO ORANG JEPANG AJA main musik pakeee GAMELAN,, masa sayaaa ngaaaaaakk ??



    =))

  1. @ all :

    heran kenapa posting ini yaaaa yang dapet komen ?


    padahal saya buat ini pendek banget ..

    =D

    WAHH .. ternyata emang bnerrr kalo ternyata kekuatan VISUAL dan AUDIO mengalahkan TULISAN,, buktinya,, tulisan yang pendek dengan VIDEO dan FOTO justru lebih MENARIK dibanding tulisan panjang saya di AWAL ..


    *hehehe

  1. @ debby : tenang aja,, sekarang udah mulai menjamur ok acra kayakk gini ..


    cumaaaa yaaaa jgn samapi cuma jadi PENIKMAT aja,,, tapi jugaaaaa PENGEMBANGGGGGNYA SEKALIANNNN >>



    hehehehe

Posting Komentar

Thank you for your comment, Friends :) !!